Home » Blog » Pengertian dari masing-masing role (hak akses user level) WordPress

Pengertian dari masing-masing role (hak akses user level) WordPress

(6716 Views) 2 July 2014 4:10 pm | Ditulis oleh | 2 Comments

Hak akses atau userlevel di dalam WordPress yang sering disebut dengan istilah ‘role’ dibagi ke dalam beberapa level, antara lain administrator, contributor, author, dan editor. Masing-masing userlevel tersebut memiliki hak akses yang beda-beda, tergantung kewenangan user yang akan kita berikan. Berikut ini adalah pengertian dari masing-masing role (hak akses user level) WordPress :

  • ADMINISTRATOR
    Role ini memiliki kedudukan tertinggi di dalam hak akses wordpress. User ini bisa memiliki akses semua fitur yang ada didalam WordPress, antara lain administrasi plugin, manajemen user, manajemen artikel baik yang bersifat private maupun publik (bisa berupa post maupun page), pengaturan theme, manajemen kategori, file dan media yang diupload serta mampu memoderasi komentar.
  • EDITOR
    Role yang berada dibawah administrator adalah editor. Hak akses yang dimiliki oleh editor adalah melakukan segala bentuk administrasi semua artikel (bisa berupa post maupun page), manajemen kategori, upload file/media serta melakukan moderasi komentar. Akses yang TIDAK bisa dilakukan oleh editor adalah manajemen user, plugin dan theme.
  • AUTHOR
    Role setingkat dibawah Editor adalah Author, ia berhak mengatur manajemen artikel (berjenis post) yang ditulisnya sendiri termasuk dapat mem-publish artikelnya sendiri, serta berhak melakukan upload file. Bedanya dengan role Editor adalah, dia tidak bisa melakukan moderasi komentar (meskipun komentar itu berada pada artikel yang di postingnya sendiri).
  • CONTRIBUTOR
    Role yang letaknya persis dibawah author hanya berhak untuk menulis artikel (berjenis post) serta mengeditnya. Artikel yang bisa diedit, hanya artikel yang ditulis oleh contributor itu sendiri. Artikel yang telah ditulis oleh contributor hanya bisa dipublish oleh Level Administrator atau Level Editor, dengan kata lain contributor tidak bisa mempublish tulisannya. Artikel yang telah di publish oleh Administrator atau Editor tidak dapat diedit/dihapus lagi oleh contributor.
  • SUBSCRIBER
    Role subscriber adalah level yang paling bawah dalam manajemen role WordPress. Subscriber dapat membaca, dan memberikan komentar. Kelebihan subscriber dibandingkan dengan pengunjung biasa (guest user) adalah, subscriber dapat membaca post yang di “private” dan mengomentari post yang kolom komentarnya telah dilimit/dibatasi atau dibuat ketentuan “Users must be registered and logged in to comment” pada menu Discussion Settings.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Artikel ini ditulis oleh Tri Yuli Kurniawan
Tentang

Nama saya Tri Yuli Kurniawan, admin Oketheme.com Oketheme.com adalah tempat dimana Anda bisa mendapatkan template premium Wordpress dengan harga yang terjangkau dengan kualitas terbaik!

Lebih detail tentang saya? Kenalan Yuk! Facebook | Twitter

2 Komentar untuk Pengertian dari masing-masing role (hak akses user level) WordPress

  • mustian says:

    lalu, pada bagian mana saya bisa melihat perbedaan hasil dari saya mengijinkan orang luar bisa terdaftar sebagai contributor

    • Anda dapat mengatur pada role apa yang berikan kepada pendaftar di website Anda.
      Caranya :
      1. Login wp-admin website Anda
      2. Settings
      3. Aktifkan pada bagian Memberships (dicentang)
      4. Pada New User Default Role, pilih role untuk pendaftar di website Anda.

      Simpan setingan.
      Semoga membantu

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*



+ SIDEBAR
Ada Pertanyaan? Hubungi kami!
Kami siap untuk membantu Anda dan menjawab pertanyaan Anda
Kontak Kami
Atau kirimkan tiket support disini
Let's Make your website awesome!
Make Your Site Even More Amazing, Beautiful & Cetar Membahana!
Koleksi Template
100% Satisfaction Guaranteed & Dijamin Keren!