Apa itu domain? Simak penjelasannya…

27 April 2022 407 kali Blog

Beranda » Blog » Apa itu domain? Simak penjelasannya…

penjelasan apa itu domain 1

Dunia internet saat ini sudah luas. Pastinya Anda juga sering mendengar istilah domain. Apasih domain itu? Disini saya akan memberikan penjelasan lengkap domain untuk pemula.

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah website dengan nama yang lebih mudah diingat dan diketik dibandingkan IP address yang sangat rumit. Biasanya domain akan memiliki ekstensi seperti .com, .net, .org dan sebagainya.

Sebenarnya, semua website memiliki alamat/address berupa rangkaian angka yang disebut dengan IP address yang sulit untuk dihafalkan. Domain berfungsi untuk menggantikan IP address tersebut dengan nama yang lebih familiar dan mudah diingat seperti Oketheme.com.

Seperti contoh tersebut, Oketheme adalah nama domain yang digunakan dan website yang ingin dikunjungi. Sedangkan .com adalah ekstensi yang cocok digunakan untuk suatu perusahaan atau organisasi.

Jika Anda ingin memiliki sebuah domain sendiri, Anda diharuskan mendaftarkannya dahulu ke ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN adalah suatu lembaga yang memiliki wewenang untuk menentukan ekstensi domain yang dapat digunakan.

Pada dasarnya, tidak ada batasan pada nama domain yang ingin digunakan. Hanya saja, Anda tidak dapat menggunakan domain yang telah digunakan oleh organisasi atau orang lain.

Cara Kerja Domain

Setelah kita mengetahui pengertian dan kegunaan dari domain, maka kali ini kita akan masuk ke pembahasan cara kerja domain.

Saat Anda memasukkan sebuah nama domain pada sebuah browser, maka browser tersebut akan mengirimkan permintaan kepada jaringan server global yang membentuk sistem nama domain atau biasa disebut (Domain Name System/DNS). Kemudian, nameserver atau komputer yang berada di dalam jaringan global tersebut akan melakukan pencarian letak website yang telah disambungkan dengan nama domain tersebut.

Server yang berada dalam jaringan DNS memiliki nama yang berbeda tergantung dari perusahaan atau organisasi yang mengelola server tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan cloud hosting milik Oketheme yaitu Wuzhost untuk website Anda, maka nameserver yang digunakan adalah :

ns1.wuzzhost.com
ns2.wuzzhost.com

Setelah browser menemukan letak server yang digunakan pada domain tersebut, maka server tersebut akan mengirimkan data kembali untuk ditampila pada User. Simak juga penjelasan tentang siklus masa aktif domain pada artikel berikut ini.

Jika Anda membutuhkan domain, dapatkan nama domain impian Anda hanya di Wuzzhost.com, sekarang juga!

Ditulis oleh

Yudha is a digital content writer at Oketheme. I keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During my free time, I enjoys playing Game a lot.

0 komentar untuk "Apa itu domain? Simak penjelasannya…"

Saat ini belum tersedia komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Butuh Bantuan?

Customer Assistant kami akan selalu siap membantu Anda dengan sepenuh hati.

Kontak Kami Live Chat

Khusus untuk laporan error/bug pada tema, silahkan mengirimkan ticket support pada halaman helpdesk member area.

Submit Ticket Support

Note: Bila diperlukan, mohon untuk sertakan detail wp-admin agar tim support kami dapat melakukan pengecekan pada website Anda.

WordPress Themes

Saatnya membuat website WordPress dengan pilihan tema terbaik di Indonesia!

Kantor Kami

PT. TRION GLOBAL INDONESIA
Jl. Kuntulan, Kel. Bakungan - Kec. Glagah
Banyuwangi - Jawa Timur
Indonesia (68431)

Call/SMS/WA : +6285231038844
E-mail : [email protected]

Live Chat!
Online Senin s/d Sabtu (08:00 - 16:00) WIB

*Minggu Slow Respond