Fungsi SSL dan Cara Kerjanya Pada Website

9 August 2021 187 kali Tutorial Website

Beranda » Blog » Tutorial Website » Fungsi SSL dan Cara Kerjanya Pada Website

 

Screenshot 3 e1628236303327

Fungsi SSL dan cara kerjanya

Bagi Anda pemilik website yang menggunakan domain dan hosting, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SSL. SSL atau Secure Socket Layer secara garis besar berfungsi sebagai pengamanan transmisi antar dua data yang berbeda. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome akan melabeli suatu website tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Fungsi SSL

SSL atau Secure Socket Layer yang pertama kali diciptakan oleh Netscape yang memiliki fungsi untuk perkembangan kemananan website. Nah berikut ini kami sudah merangkum fungsi SSL dan cara kerjanya pada website. Berikut daftarnya :

1. SSL Akan Mengenkripsi Data atau Informasi Penting

Alasan utama menggunakan SSL adalah untuk menjaga keamanan terutama keamanan data atau informasi sensitif yang dikirimkan melalui internet. Dengan menggunakan SSL, data yang dikirim akan dienkripsi dan diacak sehingga tidak dapat terbaca kecuali hanya alamat atau url tujuan saja. Ini akan sangat berguna ketika Anda berurusan dengan akun, password, nama, alamat, kartu kredit dan data sensitif lainnya.

2. SSL Akan Memberikan Kepercayaan

SSL akan memberikan label kepercayaan kepada pelanggan website dengan memberikan logo ‘green bar’ atau gembok pada halaman website. Jika Anda tidak menggunakan layanan SSL baik itu SSL berbayar atau SSL gratis biasanya akan ada tulisan berwarna merah bertuliskan ‘Not Secure/Tidak aman’. Menurut Survey menyebutkan bahwa 75% keranjang belanja akan ditinggalkan karena mengetahui website tidak menggunakan fitur keamanan SSL. Maka dari itu SSL sangat penting teruntuk website Toko Online, agar bisa memberikan trust kepada customer.

3. SSL Juga Menyediakan Authentication

Selain Mengnkripsi data, SSL juga menyediakan authentication. Authentication ini memastikan bahwa informasi pribadi yang Anda kirimkan memiliki alamat tujuan yang benar bukan kepada scammer atau hacker yang mencoba mencuri dan memanfaatkan data pribadi Anda.

Dengan memasang SSL pada website Anda, akan meminimalisir tindakan tersebut. Karena ada langkah authentication pada saat mengirim data pribadi dan proses enkripsi data yang menyulitkan scammer atau hacker untuk mencuri data.

4. SSL Untuk Persyaratan PCI

PCI atau bisa disebut Payment Card Industry memberikan syarat supaya website yang berisi transaksaksi menggunakan kartu kredit diharuskan menggunakan SSL

Cara Kerja SSL

Bagi Anda yang belum mengatahui secara detail bagaimana cara kerja SSL, bisa simak pembahasan berikut. Ketika Anda sedang melakukan transaksi pembelian produk di toko online, saat itu akan terjadi pertukaran informasi antara Anda sebagai pembeli dan toko online sebagai penjual. Informasi yang dibutuhkan antara lain seperti nama, alamat, email, no telepon, rekening, dan informasi penting lainnya. Informasi inilah yang nantinya akan diamankan oleh SSL agar tidak dicuri atau disalahgunakan scammer atau hacker. Berikut cara kerja SSL:

  1. Saat customer mengakses website toko online yang sudah menggunakan SSL biasanya akan diawalai dengan https, muncul green bar atau tanda gembok sebelum url. Jika website tidak menggunakan SSL biasanya terdapat tulisan ‘Not secure/Tidak aman’ berwarna merah.
  2. Setelah itu server dari toko online tersebut akan memberitahu secara otomatis bahwa toko online sudah menggunakan SSL Certificate yang akan ditampilkan pada browser.
  3. SSL akan menggunakan algoritma terenkripsi dengan cara mengacak session key ketika adanya proses pertukaran antara pembeli dan penjual, sehingga scammer atau hacker akan kesulitan membobol informasi pembeli tersebut. Kemudian informasi siap dikirim kepada alamat tujuan. Hasilnya, pertukaran informasi berjalan dengan lancar dan aman tanpa gangguan dari pihak yang tidak diinginkan.
  4. Pada saat Anda sudah melakukan transaksi atau logout, session key SSL Certificate akan dihapus otomatis dari browser. Sehingga Informasi penting Anda akan terhapus dari cache website.

Pada saat Anda mengakses website toko online yang tidak menggunakan SSL, lebih baik untuk meninggalkan website toko online tersebut. Ini tidak hanya berlaku pada toko online saja sebenarnya, tetapi bisa pada semua website, blog atau forum yang meminta Anda memasukan informasi penting. Untuk SSL sendiri biasanya layanan gratis dari hosting. Silahkan bisa cek halaman recomended hosting agar website Anda lebih aman nantinya.

Semoga pembahasan mengenai fungsi SSL dan cara kerjanya pada website dapat Bermanfaat. Terimakasih.

Ditulis oleh

Yudha is a digital content writer at Oketheme. I keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During my free time, I enjoys playing Game a lot.

0 komentar untuk "Fungsi SSL dan Cara Kerjanya Pada Website"

Saat ini belum tersedia komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Butuh Bantuan?

Customer Assistant kami akan selalu siap membantu Anda dengan sepenuh hati.

Kontak Kami Live Chat

Khusus untuk laporan error/bug pada tema, silahkan mengirimkan ticket support pada halaman helpdesk member area.

Submit Ticket Support

Note: Bila diperlukan, mohon untuk sertakan detail wp-admin agar tim support kami dapat melakukan pengecekan pada website Anda.

WordPress Themes

Saatnya membuat website WordPress dengan pilihan tema terbaik di Indonesia!

Kantor Kami

PT. TRION GLOBAL INDONESIA
Jl. Kuntulan, Kel. Bakungan - Kec. Glagah
Banyuwangi - Jawa Timur
Indonesia (68431)

Call/SMS/WA : +6285231038844
E-mail : [email protected]

Live Chat!
Online Senin s/d Sabtu (08:00 - 16:00) WIB

*Minggu Slow Respond